Recents in Beach

header ads

Demam FB dan Project Melek Teknologi itu

beberapa waktu terakhir seringkali saya memelototi screen laptop sambil tersenyum2, terutama saat saya jumpai teman2 yang awalnya saya tahu persis bagaimana mereke mempersepsi soal internet, dunia maya dst. dan saat itu saya dapati dia ada di FB, dan bukan itu saja kecanduan malah. sayapun bergumam, "ah...technology is always poisoning..."
yah, booming FB belakangan menunjukkan hal tersebut dg sangat baik kepada saya, bagaimana kawan2 yang mulanya bahkan "anti-computing" sekarangpun berjam-jam nongkrong di FB, meski sebagian dr mereka tdk lg menggunakan sistem komputasi biasa karena telah menggunakan blackberry ataupun gadget alternatif lain untuk mengakses FB, tetap dalam kacamata saya semua hal yang ada tsb dalam satu tarikan nafas, kecanduan FB.
lalu dimana melek teknologinya? kapan persisnya saya lupa, saat seorang teman meninggalkan pesan via FB juga dan entah ngledek entah gimana mengatakan kurang lebih begini, "om uday, mbok ya saya diajari ngeblog. katanya sampean nyari duit dengan ngeblog. boleh dong saya diajarin." tidak seperti itu mungkin lengkapnya, but kira2 isinya begitu.
terus terang saya agak nervous jika ada yang bilang demikian, hal mana saya bukan orang yg "techie-geeko" betul urusan ngeblog, saya hanya menggandrunginya saja, kalopun hari ini saya menyelesaikan tanggungan rumah, spp anak, dapur dll, etc, dst dari duit ngeblog, pastilah hal tersebut tidak selalu berbanding lurus saat saya harus "ngajari ngeblog." ada persoalan yang lebih pelik untuk soal kedua tersebut.
but, lepas dari soal2 kecanduan FB, blogging, atau malah nyari duit dari blogging, sejujurnya saya gembira sebab sebagian dr teman yang dulu cenderung "antitech" begitu kira2 saya senang menyebutnya, kini mulai lebih melek teknologi. dan bahkan di komunitas teman saya, project melek IT ini ditumpangkan di "kegaduhan" orang yang sedang kecanduan FB.
awesome enough lah...meskipun model beginian jelas bukan tanpa resiko. sebab menumpangkan "project melek IT" di boncengan booming social network seperti FB ini tanpa pengawalan konsespsional yang cukup padu, bukan tidak mungkin menyeret orang2 tsb ke "persampahan" dunia maya.
ah...sayapun berguman "yah..ndak papa. minimal dg begitu orang2 yang dulu rajin ngeledekin temennya yg berjam2 depan laptop nggak lagi banyak ledek toh?" trus melek IT nya? he he yah mudah2an kecanduan ini mengantar mereka pada ektase yang baik. ya benar2 melek IT. mudah mudahan.....

note : wah lama juga nggak update blog ini yah...tenggelam dalam riset kecil yang meracuni segenap imaginasi dan keprihatinan memang selalu antara mengasyikkan dan menidurkan. oyah, ini note saya di facebook juga sebetulnya, look up here

Post a Comment

3 Comments

  1. Hehehehehe... Lagi pada ngeFANS ma FB ya... :D

    ReplyDelete
  2. yups...betul memang saat ini demam fb
    dan buang pusing dan kepenatan memproses hidup mereka kali ya he he
    emang mendingan belajar nulis meskipun jelek tapi ada hasil karyanya betul gitu kan pak??

    ReplyDelete
  3. yups betul sekali.
    mendingan latihan nulis di blog.
    biar pinter nulis kaya mpunya blog ini

    ReplyDelete